Kamis, 04 Desember 2008

Jika Presiden AS Debat Dengan Bahasa Indonesia

Debat Pertama, dari University of Missisipi in Oxford, 26 September 2008. Moderator Jim Lehrer dari PBS (public broadcasting service).
Fokus debat pada isu kebijakan luar negeri dan keamanan nasional, termasuk krisis finansial global (Lehrer)
Lehrer: Bagaimana rencana anda untuk mengatasi krisis finansial global?
Obama: (empat strategi menghadapi krisis finansial global), pertama, Amerika dibawah Bush telah keliru dalam mengeksekusi paket kebijakan ekonomi melalui bailout, yang jumlah nominalnya mencapai 700 milyar dolar. Uang yang terlalu banyak.
Kedua, pemerintah harus menjamin uang para pembayar pajak, ketika menempatkan uangnya dalam pasar yang beresiko seperti di saham, maka harus ada jaminan bahwa uang mereka akan kembali kepada pemiliknya, jika pasar telah pulih dari krisisnya.
Ketiga, pemerintah juga wajib memastikan bahwa tidak ada sesenpun uang dari nasabah ataupun investor yang masuk ke kantong para CEO bank atau perusahaan tertentu.
Keempat, pemerintah juga menjamin akan menolong para pemilik rumah, karena akar permasalahan dari krisis finansial adalah penyitaan yang terjadi di seluruh Amerika.
Obama juga mengkritik kebijakan ekonomi Bush, yang akan dilanjutkan oleh McCain, yaitu teori menisbikan peraturan dan proteksi untuk pembeli, lalu memberikan lebih dan lebih lagi, hingga berlebihan, dan akhirnya, entah bagaimana, kesejahteraan bisa menetes ke bawah. Menurutnya, fundamen ekonomi yang mantap ataupun rapuh, bisa diukur melalui kelas menengah yang cukup atau tidak sama sekali menderita kesulitan.
McCain: Memulai dengan kebijakan ekonomi pemerintahan Bush, yang menjamin adanya akses pinjaman terhadap pengusaha yang kesulitan dalam bisnisnya, bukannya mengambil alih usahanya atas nama negara. Saat ini, bukanlah awal dari berakhirnya krisis, melainkan akhir dari permulaan krisis yang baru jika amerika mengeluarkan paket kebijakan yang akan tetap menjaga semua institusi stabil. Amerika juga memiliki banyak sekali tugas, seperti menciptakan lapangan kerja, serta menghilangkan ketergantungan Amerika terhadap minyak dari negara asing.
Lehrer: Kasus kedua, bagaimana sikap anda terhadap rencana pemulihan yang saat ini tengah dijalankan?
Obama: Amerika belum melihat ada upaya menuju ke arah perbaikan. Tetapi, saya berpandangan bahwa upaya konstruktif yang sekarang sedang dikerjakan, sehingga saya optimis dengan kapasitas negara amerika untuk bersama-sama merumuskan strategi yang tepat. Dua tahun lalu, saya telah memperingatkan akibat dari pemberian pinjaman perumahan massal, karena lemahnya peraturan, memungkinkan amerika terjebak dalam masalah dan kemudian mencoba untuk menghentikan penyalahgunaan hipotek yang sekarang tengah terjadi. Tahun lalu saya menuliskan peringatan bagi menteri keuangan potensi besarnya masalah ini, lalu mengumpulkan semua pemangku kepentingan untuk duduk bersama menyelesaikan problema. Akhirnya, amerika harus bertanya pada diri amerika sendiri, bahwa amerika harus merampungkan masalah ini dalam jangka pendek. Amerika harus melakukan intervensi, tidak ada keraguan lagi. Namun, mengapa amerika sekarang begitu mudahnya mengabaikan peraturan ? Amerika tidak harus mematuhi kerangka kerja peraturan abad ke-dua puluh satu jika ingin menghadapi masalah ini. Sehingga, filosofi ekonomi (kapitalis, laissez-faire) selalu mengatakan bahwa peraturan itu selalu buruk.
McCain: Terkadang amerika kehilangan akuntabilitas, saya sendiri dikritik karena saya telah mengusulkan pengunduran diri ketua komisi keamanan dan perdagangan. Amerika sedang berusaha memegang kepercayaan masyarakat dan amerika harus menghargai mereka yang berhasi melakukannya. Tetapi sekarang di Washington, keserakahan dihargai, pemborosan diapresiasi, dan korupsi atau lebih tepatnya kegagalan untuk mengemban tanggungjawab sangat dihargai. Sebagai presiden Amerika Serikat, rakyat akan mendapatkan kejujuran dalam pemerintahan saya, dan saya berjanji hal itu akan terwujud.
Lehrer: Pertanyaan selanjutnya, apakah yang membedakan secara "mendasar" kebijakan anda dan program Obama sebagai Presiden untuk menghadapi krisis ini?
McCain: Amerika harus menjaga pengeluaran tetap terkendali, karena sekarang memang sudah tidak terkendali lagi. Anda tahu bahwa ada studi di Montana mengenai beruang yang menghabiskan dana 3 juta dollar. Saya tidak tahu apakan ini adalah masalah kriminal atau bukan, tetapi faktanya dana 3 juta dollar itu adalah uang para pembayar pajak amerika, dan dana tersebut harus dikendalikan. Sebagai presiden Amerika Serikat, saya ingin meyakinkan anda, bahwa saya memiliki kuasa, dan saya akan memveto semua undang-undang terkait pengeluaran anggaran yang masuk ke meja kerja saya. Saya akan membuat undang-undang itu terkenal, dan anda akan mengenal nama mereka.
Obama: senator mccain mengajukan proposal yang akan memotong pajak sebesar 300 milyar dollar bagi perusahaan-perusahaan besar, dan orang kaya tentunya. akibatnya para ceo perusahaan yang masuk dalam fortune 500 akan mendapat pemotongan pajak rata-rata 700 ribu dollar, sementara 100 juta warga amerika diabaikan begitu saja. Sehingga, menurut saya, amerika harus menumbuhkan ekonomi dari bawah ke atas. itulah mengapa saya mengajukan pemotongan pajak bagi 95% warga amerika.
mccain : amerika tidak boleh menaikkan pajak. dalam situasi seperti ini, hal terburuk yang dapat dilakukan adalah menaikkan pajak (bagi mayoritas rakyat). Pajak bisnis di amerika adalah yang kedua tertinggi di dunia, yaitu sebesar 35%, sementara di Irlandia hanya 11%. dengan pajak sebesar itu, maka akan sangat sulit untuk menciptakan pekerjaan dan menumbuhkan ekonomi.
Obama: Bukan begitu maksudnya, jika anda berpendapatan 250 ribu dollar kurang dari setahun, maka anda tidak akan dikenakan kenaikan pajak, justru pajak anda akan diturunkan. mengenai masalah pajak bisnis, terlalu banyak kelonggaran yang diijinkan dalam peraturan mengenai hal itu. anda (mccain) bukannya ingin menambal celah tersebut, justru inigin memperparahnya dengan memotong pajak para pelaku bisnis yang selama ini menikmati keuntungan dalam jumlah signifikan.
selain itu mengenai asuransi kesehatan, jika anda mengikuti apa kata senator mccain, maka masalahnya adalah, jika anda berhasil mendapatkan asuransi sebesar 5 ribu dollar, para pegawai anda yang harus membayar pajak, sekaligus asuransi kesehatan. jika anda kemudian kehilangan jaminan asuransi tersebut, maka anda harus mencari asuransi baru di pasar, dan membelinya dengan harga mahal. inilah masalahnya, pasar selalu menganggap dirinya bisa mengatasi segala masalah, sehingga semakin sedikit peraturan yang dimiliki, maka ada keyakinan bahwa segala hal akan menjadi lebih baik.
Lehrer: apa program anda yang harus dikorbankan untuk mendukung rencana pemulihan ekonomi yang sebelumnya anda tawarkan?
obama: ada beberapa program yang bisa ditunda, namun ada lima prioritas dalam agenda saya yang harus dikerjakan, pertama, membebaskan ketergantungan amerika terhadap minyak dari luar negeri. dalam jangka waktu 10 tahun, amerika harus mencapai kemandirian energi, dengan cara berinvestasi di bidang energi alternatif, seperti tenaga solar, angin, biodiesel, dan produksi mobil hemat bahan bakar bisa sampai pada titik optimal.
Kedua, perbaikan sistem kesehatan, karena implikasi langsung dari layanan kesehatan yang mahal, mengakibatkan 30% warga amerika menderita hingga nyaris bangkrut karena mereka tidak sanggup melunasi masalah biaya kesehatan.
ketiga, pendidikan di amerika harus tetap menjadi yang terdepan di dunia, amerika harus terus berinvenstasi di bidang sains dan teknologi. selain itu, amerika juga harus memastikan bahwa biaya kuliah mampu dijangkau oleh semua pemuda amerika yang hendak meneruskan pendidikannya.
keempat, perlu perbaikan berkelanjutan terhadap infrastruktur seperti jalan, jembatan, serta jalan penghubung ke desa-desa.
kelima, pentingnya sumber listrik yang dapat menjadi energi alternatif bagi masyarakat luas.
mccain: saya akan fokus pada pemotongan anggaran bagi pengeluaran yang tidak perlu, seperti subsidi etanol, sistem pertahanan yang boros hingga perlu ada klausul kontrak dengan nilai tambah, juga kontrak berjaminan biaya tetap agar tidak membebani anggaran. bagaimana jika amerika juga membekukan anggaran kecuali untuk pertahanan, veteran, dan program-program sejenisnya?
Lehrer: pelajaran apa yang didapat dari perang irak?
mccain: jangan menggunakan strategi yang terbukti gagal karena anda akan berakhir dengan kekalahan. saat saya ke irak tahun 2003, saya merasa bahwa perang ini telah salah ditangani. amerika perlu merubah strategi perang amerika dengan menambahkan lebih banyak pasukan. akhirnya dengan strategi yang baru dipimpin oleh jenderal yang hebat, maka amerika berhasil menang perang di irak. keputusan untuk menarik pasukan adalah lawan dari segala keberhasilan tersebut. amerika tidak akan pulang sebelum irak menjadi negara yang stabil dan konflik sektarian dapat dihindari. jika amerika pergi sekarang, ada kemungkinan perang sipil terjadi di irak, menyebabkan amerika harus kembali lagi ke sana.
obama: saya sejak awal di senat telah menentang perang ini, karena amerika tidak tahu berapa besar biaya dari perang ini, bagaimana exit strategy akan dijalankan, apa pengarunhya terhadap hubungan dengan negara lain, ditambah amerika belum menyelesaikan masalah di afghanistan. amerika juga belum menangkap bin laden, dan perang di irak menghabiskan dana seamerikar 600 milyar dollar, sebentar lagi akan mencapai 1 trilyun dollar, amerika juga kehilangan 4000 pasukannya, 30 ribu terluka, dan paling penting, al-qaeda menurut intelijen, malah semakin kuat. Amerika juga masih terus mengeluarkan dana sebesar 10 milyar dollar setiap bulan, sementara untuk membiayai fungsi-fungsi dasar dari pemerintahan amerika harus meminjam dari luar negeri. akhirnya, amerika tidak menggunakan pasukan amerika dengan bijak di irak, gunakanlah militer dengan tepat dan efisien.
Lehrer : sekarang amerika pindah ke afghanistan, apakah perlu menambah pasukan, berapa banyak dan kapan, ke afghanistan ?
obama :saya akan mengirimkan seamerikar dua atau tiga brigade ke afghanistan, karena ancaman sebenarnya bagi amerika adalah al-qaeda, amerika juga perlu menekan pemerintah afganistan agar benar-benar bekerja untuk rakyatnya. kedua, amerika harus mengatasi masalah perdagangan ranjau yang sedang heboh di afghanistan. ketiga, amerika juga harus mengatasi ancaman dari pakistan, karena al-qaeda dan taliban sangat aman di sana, dan presiden bush serta senator mccain memberikan dana sebesar 10 milyar dollar selama tujuh tahun ini (kepada Pakistan), dan mereka belum berhasil mengatasi ancaman tersebut.
Mccain: saya tidak akan mengulangi kesalahan yang sama, dan setelah amerika berhasil membebaskan orang-orang afgan dan mengusir rusia keluar dari afganistan, secara umum amerika keluar dari wilayah tersebut. akibatnya, muncullah taliban, al-qaeda, dan semacamnya yang menyulitkan amerika sekarang. saya tidak akan mengancam rakyat pakistan dengan menambah pasukan, karena amerika wajib mendukung rakyat pakistan, yang sekarang memiliki presiden baru. amerika perlu strategi baru, dan amerika akan menolong rakyat pakistan untuk mendapatkan kesetiaan mereka, lantaran disana telah ada taliban serta al-qaeda. pengeboman-pengeboman yang terjadi di pakistan adalah tanda-tanda eksistensi teroris, namun rakyat pakistan tidak akan mau pemerintahnya bekerjasama dengan kelompok-kelompok seperti itu. jadi, yang penting bukan penambahan pasukan, tetapi strategi baru yang telah terbukti keberhasilannya, dan saya bisa menjamin bahwa, saya tidak akan menyerang pakistan.
selanjutnya mccain dan obama saling menekankan pendekatan masing-masing, dengan mccain menggunakan konsep patriotisme amerika, dimana dia tidak ingin pasukan amerika ditarik dari irak karena itu akan memalukan dan ada semacam kebanggan untuk bertahan di sana. dia memberikan ilustrasi beberapa kasus ketika amerika mengintervensi secara militer, dan mengklaim bahwa keputusan untuk melakukan intervensi militer telah dipikirkan dengan seksama agar tidak terjadi pengiriman pasukan yang sia-sia belaka. obama membalas dengan penekanan bahwa dia juga bangga terhadap militer amerika, namun juga mengingatkan bahwa keputusan terburu-buru untuk mengirimkan pasukan ke suatu tempat dapat mengakibatkan kerugian yang jauh lebih besar. pelajaran dari irak, menurutnya, kalau anda benar-benar ingin melawan terorisme, maka fokus dan konsisten sangat diperlukan dalam melacak keberadaan al-qaeda yang menjadi sumber ancaman utama. keputusan untuk menyerang irak dengan mengorbankan afghanistan adalah contoh bahwa determinasi untuk menjaga fokus sangatlah kurang, serta menandakan adanya tendensi untuk pergi berperang tanpa alasan yang jelas.
lehrer: apa pembacaan anda terhadap ancaman dari iran?
mccain: jika iran memiliki senjata nuklir, maka itulah ancaman serius bagi israel dan negara-negara lain diseamerikarnya, sehingga semua negara akan merasakan kebutuhan untuk mempunyai senjata nuklir. saya sedang berusaha membentuk liga demokrasi dengan negara-negara di dunia, namun rusia (pendukung iran) sangat mengganggu dalam dewan keamanan pbb. melalui liga demokrasi ini, amerika dapat menjatuhkan sanksi yang keras hingga membawa keuntungan bagi amerika. tapi, yang paling utama adalah ancaman memiliki senjata nuklir, karena sangat berpotensi mengancam dunia, dan amerika harus segera mengatasi ancaman tersebut (kalau AS yang punya nuklir tidak masalah karena mereka "polisi dunia" yang selalu benar, namun jika iran yang punya, masalah besar lantaran mereka "penjahat dunia" menurut as. krisis sandera di iran saat revolusi islam iran menjadi batu sandungan besar, karena sampai sekarang belum ada pemulihan hubungan diplomatik iran-as)
obama: iran adalah musuh besar irak, karena itu iran sekarang mendukung hamas di palestina, hizbollah di lebanon agar dapat menyeimbangkan kekuatan dengan irak. keberadaan senjata nuklir di iran akan mengubah situasi, lantaran akan memicu perlombaan senjata di seluruh timur tengah. amerika butuh sanksi lebih keras, namun dengan dukungan rusia dan cina juga. pendekatan diplomasi langsung dengan para pemimpin negara seperti iran, adalah perbedaan besar antara saya dengan mccain. ide untuk menghukum iran terbukti tidak efektif, karena tidak berhasil di iran, juga di korea utara. upaya mengisolasi negara hanya mempercepat mereka mendapatkan senjata nuklir.
mccain-obama saling berbeda pendapat mengenai pendekatan terhadap iran. mccain berulangkali mengatakan bahwa amerika tidak bisa duduk dengan ahmadinejad tanpa prekondisi yang disepakati oleh amerika terlebih dahulu, seperti masalah perang dingin dengan rusia, sampai presiden gorbachev menerapkan glasnost dan perestroika terlebih dahulu, amerika baru mau berunding dengan mereka. obama menegaskan sekali lagi posisinya bahwa amerika harus memulai perundingan, karena jika amerika hanya mengisolasi musuh lalu mendiamkan mereka begitu saja, maka musuh akan lebih cepat mendapatkan persenjataan, melipatgandakan pasukan, serta memperkuat militernya, seperti yang terjadi korea utara.
lehrer: bagaimana potensi hubungan dengan rusia?
obama: karena kejadian di georgia, maka rusia harus diwaspadai agar tidak menjadi ancaman militer bagi amerika serikat. mereka harus menarik diri dari ossetia selatan dan abkhazia. penggunaan dukungan dari negara-negara nato yang ada diseamerikar rusia, sangat penting digerakkan agar masalah dapat lebih mudah diselesaikan. selain itu, ada beberapa kesamaan antara rusia dan amerika yang semestinya bisa dikelola dengan bijak antar keduanya, seperti masalah proliferasi nuklir, dimana amerika bisa bersama-sama mengelola masalah nuklir agar tidak jatuh kepada kelompok seperti al-qaida.
mccain : tidak akan terjadi perang dingin lagi, tetapi jelas sekali bahwa rusia menjadi ancaman serius bagi keamanan amerika jika bertingkah dengan menyerang georgia. karena itu, untuk menghadapi masalah ini, penggunaan negara sekutu menjadi sangat krusial, seperti ukraina.
kemudian obama menekankan kembali perlunya kemandirian energi, agar amerika tidak lagi mempunyai masalah dengan negara seperti iran, venezuela, dan rusia. amerika harus membangun investasi baru dalam pembangunan sumber energi alternatif, seperti nuklir, batubara, solar, angin, dan biodiesel.
lehrer: apakah ada kemungkinan terjadi lagi serangan seperti 9/11 kepada amerika serikat?
mccain: ancaman seperti 9/11 jelas sangat berkurang kemungkinan terjadinya. tetapi amerika serikat jelas masih jauh dari kondisi aman. saya telah bekerja di senat bersama-sama dengan demokrat untuk menuntaskan masalah ini. meski jalan menuju ke arah keamanan masih panjang terbentang, tetapi saya optimis hal seperti 9/11 tidak akan terjadi lagi.
obama: amerika sudah jauh lebih aman sekarang, tetapi untuk memastikan keamanan dapat dipertahankan, maka perlu langkah-langkah strategis mencapainya. seperti memperkuat perjanjian proliferasi nuklir, dan yang paling penting membasmi akar dari terorisme itu sendiri, yaitu al-qaeda yang ada di lebih dari 60 negara. amerika memerlukan kerjasama dengan negara-negara sekutu untuk mengatasi masalah terorisme. selain itu, martabat amerika sebagai negara yang paling dihormati sekarang sedang jatuh ke titik terendah akibat kesalahan-kesalahan yang telah amerika perbuat. amerika harus mengembalikan martabat sebagai negara yang paling dihormati dunia.
setelah itu, mccain kembali menegaskan patriotismenya dengan memuji jendral petraeus yang memimpin perang di irak telah sukses menjalankan tugasnya, dan sekali lagi, menarik pasukan dari irak adalah ide yang mencederai harga diri sebagai seorang amerika. obama juga menegaskan bahwa dia bangga dengan kinerja militer di irak, tetapi keberhasilan di irak tidak berarti masalah sesungguhnya sudah benar-benar diatasi, lantaran al-qaeda malah semakin kuat. juga, isu-isu lain seperti cina yang meminjamkan milyaran dollar bagi amerika, serta kerjasama dengan negara-negara lain malah ditinggalkan karena amerika terlalu sibuk dengan irak. masalah dalam negeri juga terabaikan seperti penanganan veteran, biaya kesehatan, dan investasi di bidang teknologi serta pendidikan, lantaran amerika terlalu menganakemaskan irak. tidak ada negara yang di dunia yang ekonominya mundur dan masih bisa mempertahankan superioritas militernya. amerika harus memulihkan itu semua, kata obama.

Tidak ada komentar:

Bagikan